Facebook Twitter RSS
banner

Cara Instal TWRP dan CWM di Android

Kapanpun anda berfikir mengenai custom recovery maka beberapa nama yang langsung muncul adalh ClockWorkMod recovery dan TWRP recovery atau juga si pemain baru yakni Philz Touch recovery. Karena anda membutuhkan custom recovery baru jika ingin menjalankan aktivitas kelas tinggi seperti menginstall custom ROM dan MOD.

Sebelum berlanjut ke cara menginstall versi terbaru dari ClockWorkMod recovery dan TWRP recovery dengan mudah, maka pertama-tama kita harus tahu sedikit mengenai recovery stock yang bukan custom recovery.

Apakah stock firmware

Semua perangkat berbasis Android hadir dengan sebuah recovery yang pada dasarnya adalah sebuah partisi pada memory internal sebuah perangkat Android dan dapat di boot. Stock recovery pada kebanyakan perangkat Android menyediakan sejumlah opsi bermanfaat yang memungkinkan kita untuk melakukan factory reset perangkat Android kita dan juga melakukan recover / pemulihan sistem operasi menggunakan ROM dalam format zip, itulah semua hal yang dapat anda lakukan menggunakan stock recovery. Nah dengan custom recovery anda bisa melakukan lebih banyak lagi.

Apakah custom firmware

Sebuah custom recovery menggantik tugas stock recovery dan ia membawa beragam fungsi tingkat tinggi yang tidak dimiliki oleh stock recovery. Dengan sebuah custom recovery, anda dapat menginstall software stock dan juga custom ROM secara bersamaan termasuk semua aplikasinya, tema, kernel dan lain sebagainya. Menggunakan sederet file zip, dan dapat menghapus tidak hanya data pemilik perangkat namun juga setiap partisi dalam HP juga tablet Android anda, melakukan mount pada storage card untuk akses USB mass storage tanpa keluar dari recovery, mempartisi SD Card, menghapus cache Dalvik dan statistik baterai, memperbaiki izin, melakukan, mengelola dan memulihkan backup dan banyak lagi. Namun begitu, custom recovery umumnya di gunakan untuk flash atau install ROM baru.

Custom recovery yang partama mendapat sorotan ialah recovery ClockWorkMod yang di kembangkan oleh Kush, seorang pengembang Android kenamaan. Namun begitu, versi awal recovery ini tidak hadir dengan fitur sentuh -- namun versi yang sekarang sudah ada dan untuk menjembatani gap dengan TWRP recovery yang support sentuh. Baru-baru ini, seorang pengembang bernama Phil3759 meluncurkan juga sebuah versi modern dari recovery CWM yang bernama Philz Touch 5 recovery. Ia menyingkirkan recovery custom yang bernuansa membosankan dengan fitur-fitur kostumisasi yang penuh warna.

Saya rasa cukup sudah bahasan mengenai apakah Stock dan Custom recovery. Langsung saja menuju ke cara install CWM recovery ke hampir seluruh HP dan tablet Android.

Cara Install CWM ClockWorkMod Dan TWRP Recovery Di Android

Cara install ClockWorkMod recovery di Android

  • Download dan install aplikasi ROM Manager dari Play Store. Tersedia gratis untuk anda.
  • Kemudian tap pada Recovery Setup lalu pilih ClockworkMod Recovery di bagian Install atau Update Recovery.
  • Selanjutnya konfirmasi perangkat anda dan di layar berikutnya tap pada Flash ClockworkMod Recovery.
  • Maka aplikasi akan download recovery dari internet dan meminta permisi Superuser. Izinkan permisi Superuser dan tunggu hingga anda melihat sebuah pesan berhasil / Success.
  • Dan kini kembali ke layar utama ROM Manager dan tap pada opsi Reboot into Recovery. Lakukan konfirmasi dan HP atau tablet Android anda akan boot ke dalam ClockworkMod recovery yang bukan versi sentuh.
Beres sudah, HP dan tablet Android anda telah memiliki versi terbaru -- yang tersedia untuk perangkat Android anda -- dari recovery ClockWorkMod terinstall. Anda bisa berpindah antara opsi recovery melalui rocker volume dan pilih sebuah opsi menggunakan tombol Power (terkadang juga tombol Home).

Cara install TWRP recovery di hampir semua Android


Anda telah mempelajari cara install CWM recovery, kini anda inginkan sebuah recovery dengan fitur touch / sentuh dan tidak bisa membeli versi sentuh dari ClockWorkMod reovery maka coba saja gunakan TWRP recovery atau TeamWin Recovery Project.
  • Download dan install aplikasi GooManager dari Play Store. Telah tersedia gratis disana.
  • Buka aplikasi GooManager dan klik tombol Menu dan kemudian tap pada OpenRecoveryScript pada menu popup.
  • Kemudian konfirmasi tindakan anda dan ikuti perintah di layar. Pilih HP anda dalam daftar kemudian aplikasi akan downloa sebuah file .img dari TWRP dan menginstallnya kedalam perangkat anda.
  • Setelah selesai, tap pada Reboot recovery untuk boot kedalam recovery. Konfirmasi dan selanjutnya anda akan melihat versi TWRP enable dengan kemampuan touch / sentuh.
Beres sudah. Kini anda sudah tahu cara install custom recovery seperti ClockWorkMod recovery atau TWRP recovery pada perangkat Android anda. Setelah selesai, maka sekarang carilah custom ROM dan nikmati segala fitur ia tawarkan.
sumber: http://paneninfo.blogspot.com/2014/01/cara-install-cwm-clockworkmod-dan-twrp-di-android.html

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: admin
Lorem ipsum dolor sit amet, contetur adipcing elit, sed do eiusmod temor incidunt ut labore et dolore agna aliqua. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 comments:

"TRANSLATE HERE"

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified