My Bussines Plan!!
BUSSINES
PLAN
A.
Profil
Perusahaan
Nama :
Waroeng JATIM Cak LUCKY
Alamat : Jl. Wiratama no.46B, Tegalrejo,
Yogyakarta
Visi : Menjadi yang paling berbeda
diantara usaha sejenis yang tersedia
Misi : Memberi rasa puas dan nyaman dalam
hal berkuliner
Tujuan :
· Memperoleh
keuntungan.
· Memberikan
pelayanan terbaik kepada pengunjung.
· Menyediakan
makanan dan minuman khas JawaTimur dengan cita rasa
terbaik.
· Menciptakan
suasana yang nyaman.
Bentuk Usaha
: Perseorangan. Dimana
pimpinan berada pada pemilik dan memiliki tanggung
jawab yang tidak terbatas.
jawab yang tidak terbatas.
Bidang Usaha :
Barang/Jasa
Modal : Modal sendiri dan pinjaman
Pemilik : Agung Aryanto
B.
Konsep
Usaha ini bergerak di
bidang restoran yang menyajikan menu special khas Jawa Timuran, salah satu menu
utamanya yaitu Rawon dan Sego Pecel. Namun nantinya akan kami sisipkan menu
masakan dari resep keluarga yaitu berupa Soto, yang biasa kami namakan Soto
Sandung Lamur. Sandung Lamur sendiri adalah bagian daging sapi yang berasal
dari bagian dada sekitar ketiak. Biasanya bagian daging sapi ini agak berlemak
dan digunakan untuk masakan khas Padang seperti Asam Padeh. Namun di keluarga
kami, kami menggunakannya sebagai salah satu bahan masakan seperti Soto. Konsep
bisnis ini menjual masakan khas Jawa Timur yang pada dasarnya memiliki masakan
dengan beraneka ragam bumbu. Dan kami bubuhi dengan konsep teknologi. Yaitu dengan menempatkan satu atau dua buah tablet PC yang akan dipasang pada setiap meja untuk memudahkan para pelanggan dalam memesan suatu makanan di menu kami. Dengan
konsep tersebut kami dapat mengandalkan masakan dengan rasa yang gurih dan enak
di mulut dengan kenyamanan teknologi.
C.
Pangsa
Pasar
Pangsa pasar yang kami
tujukan yaitu masyarakat sekitar terlebih dahulu. Kemudian masyarakat Jawa
Timur yang menetap di Yogyakarta. Tempat yang akan direncanakan untuk usaha ini
yaitu di area wisata “Museum Sasana Wiratama” dan sekitarnya.
D.
Lokasi
Usaha
Tempat yang akan
direncanakan untuk usaha ini yaitu di area wisata “Museum Sasana Wiratama” dan
sekitarnya. Pertimbangan kami memilih lokasi tersebut yaitu :
·
Lokasi ini strategis namun agak sedikit
masuk ke dalam gang, karena masih merupakan area perumahan namun dekat dengan tempat wisata.
· Lokasi dekat dengan area wisata “Museum
Sasana Wiratama”, dengan begitu secara tidak langsung dapat membantu
meningkatkan keinginan wisatawan untuk mengunjungi tempat tersebut.
E.
Struktur
Organisasi
1.
PIMPINAN
2.
BAGIAN PRODUKSI
3.
BAGIAN PEMASARAN
4.
BAGIAN KEUANGAN
5.
KARYAWAN
F.
Strategi
Pemasaran
1. Kebijakan Produk
Usaha
ini bergerak di bidang kuliner, yaitu Waroeng JATIM Cak Lucky yang menyajikan
menu makanan khas Jawa Timur.
2. Kebijakan Promosi
Untuk
meningkatkan pangsa pasar maka perlu dilakukan promosi, bentuk promosi yang
akan kami lakukan yaitu dengan menawarkan jasa kuliner berupa sebuah
warung/restoran secara langsung ke calon pembeli maupun tidak langsung. Secara
tidak langsung dapat menawarkan melalui sebuah iklan di dunia maya.
G.
Bauran
Pemasaran Barang/Jasa
1. Produk
Produk
yang kami tawarkan adalah makanan dan minuman yang memiliki rasa, cirri khas,
dan keistimewaan-keistimewaan sendiri, sehingga berbeda dengan warung-warung
lainnya.
Adapun
makanan dan minuman yang kami tawarkan adalah :
Makanan
|
Minuman
|
Rawon
|
Es/Hangat
Teh
|
SGPC
(SeGo PeCel)
|
Es/Hangat
Jeruk
|
Soto
Sandung Lamur
|
SSG
(Susu Soda Gembira)
|
Nasi
Goreng JATIMAN
|
Aneka
Juice
|
Tahu
Thek
|
Kopi
Keras
|
Nasi
Terancam Ayam
|
Kopi
Lethok
|
Aneka
Lauk Goreng
|
Wedang
Angsle
|
2. Harga
Harga
yang kami tawarkan bervariasi, menurut bahan yang kami gunakan. Untuk makanan harga
mulai dari Rp. 8.000,00 sampai dengan Rp. 25.000,00. Sedangkan harga minuman
mulai dari Rp. 2.000,00 sampai dengan 15.000,00.
3. Tempat
Waroeng
JATIM Cak Lucky terletak di daerah wisata “Museum Sasana Wiratama”, tepatnya di
Jl. Wiratama no.46B, Tegalrejo, Yogyakarta. Kami memilih tempat ini karena
tempatnya yang strategis dan cocok untuk membuka usaha warung makan seperti
ini. Selain dekat dengan daerah wisata, tempat ini tidak menutup kemungkinan
untuk dapat diakses dari manapun meskipun termasuk daerah kecil.
4. Fasilitas
Dengan
salah satu konsep yang memakai teknologi sebagai fasilitas warung/resto yang
kami buat, kami akan membuat pelanggan merasa nyaman dan mudah dalam memesan
makanan yang terdapat dalam menu dengan cara memberikan sebuah Tablet PC pada masing-masing
meja yang di dalamnya sudah kami program hanya dapat untuk memesan saja. Dengan
sebuah aplikasi pemesan, pesanan yang dipesan dapat langsung tertera di layar
LCD di dapur. Dengan begitu pelanggan tidak merasa direpotkan dengan kertas dan
bolpoint yang sudah biasa ada di warung/restoran lainnya.
5. Proses
Buka
hari Selasa – Minggu dari pukul 10.00 - 21.00 WIB.
H.
Aspek
Keuangan
·
Struktur
Modal
1. Modal
sendiri : Rp. 5.000.000,00
2. Modal
pinjaman :
·
Bank : Rp. 150.000.000,00
0 comments: